Tuesday, January 18, 2011

Agenda Anak Kos, Part 2 ( vanti dan kawan)

Di kos gw yang sekarang, gw nyaman dengan teman-temannya,,mereka easy going, ada beberapa juga sih yang susah dimengerti. Berhubung kampus tercinta gw , Universitas Kristen Satya Wacana ini terkenal dengan Indonesia mininya so temen-temen gw juga berasal dari berbagai macam daerah,dari sabang sampai merauke. Di Jawa sendiri, ada dari Cilacap Jawa barat dengan ngapak-ngapaknya, Pekalongan, ada juga dari Lamongan Jawa timur, Temanggung , dari Klaten banyak nii, Solo, ada juga dari USA yang artinya Ungaran, Salatiga dan Ambarawa(wkwkwkw,norak-norak gitu nama radio tuh,,kalo ga salah dangdut-dangdut gtu deh),Semarang, Magelang (kota si abang,,hehe), Jakarta juga ada ternyata ga cuma gw doang yang eksis.
Beranjak ke luar jawa, ada yang berasal dari Kupang, Makasar, Manado banyak banget (konon asset terbesar dari yang empunya kos, soale kaya-kaya,,hehe), ada juga Ambon, Lampung dll. Beradaptasi dengan orang-orang ternyata ga semudah membalikan telapak tangan rupanya. Walaupun sama-sama orang jawa,mmmmmmmm, sama –sama tinggal di tanah Jawa maksudnya namun memiliki banyak tradisi, kebiasaan n kebudayaan yang berbeda, terkadang kalau tidak hati-hati bisa membuat salah paham.

Contohnya, gw pernah secara tidak sengaja menyinggung teman gw yang orang jawa tulen ( alus-alus, masih ikut tradisi jawa yang mungkin rada mistis gtu, keluarga psinden n gamelan dan teman-temannya gtu) , sebenarnya sih gw tau kalo doi lagi ngambek sama gw tapi gw pura-pura ga tau aja,,hehe…bersikap seperti biasa,, walaupun gw tau dia mungkin ga suka sama gw,, entah sifat gw yang mana tapi sebagai orang yang perasa, itu cukup menyiksa gw. Walaupun itu semua gw tutupi dengan senyum indah gw (hueekkksss).
Memang si gw orang betawi, lebih tepatnya idup dari kecil ampe gede di Jakarta dan orang betawi terkenal nyolot dengan logat-logat kaya si Mandara di pelem ‘ SI Doel Anak Sekolah’ yang bekali-kali diulang di salah satu stasiun tv itu. Tapi gw termasuk betawi yang alus,, gw kaga pernah berbicara kasar bahkan memasukan kata-kata yang ada di kebon binatang ( *njing, **bi, *nyet), itu anti bwt gw). Orang tua gw yang juga orang jawa tidak membiasakan ngomong yang aneh2, ngata2in orang, menghina dan kawan-kawannya. Tapi mungkin agak terkesan cuek dan apa adanya, karena didikan dari keluarga ke2 gw yang kalo ngomong n memberi komentar pedas tapi apa adanya,hehehe.
Sejak saat itu gw ati-ati bgt sama orang jawa, khususnya doi. Gw kan hijrah keluar kota bukan buat nyari musuh,,memang ga jarang sih gw nemuin temen gw yang ga akur baik sesama orang jawa maupun luar. Haduuuhh,, hari gini masih jaman pgituan,, kalo bgi yang kampungnya deket-deket sih, kayak di klaten, solo, semarang dll gtu,, musuhan sama temen sekampus mungkin ga diambil pusing toh ia bisa pulang kampung setiap minggu, dengan lingkungan yang beda dan bertemu keluarga. Nah lo,,kalo gw ikutan musuh-musuhan gmna jadinya??udah jauh dari kampung halaman,,jauh dari orang tua,,idup sendiri di kota kecil ini,, ga ada deh dalam kamus yang namanya musuhan,, sekalinya gw dianggep ga asik sama temen atau gw merasa dijauhi, rasanya saaaaaakkkkkkiiiittt bgt,,nyiksa.
Gw jd ati-ati banget,khususnya bwt orng jawa tulen dengan segala misterius dan analogi blangkonnya (kalo di depan bilang Yes n kalo di belakang bilang No). Mendingan gw diem aja daripada buat salah paham. Dalam pertemanan gw fine-fine aja,, mencari teman sebanyak-banyaknya,, walaupun terkadang teman masa bodo sama gw gara-gara gw sibuk sendiri dengan urusan kuliah atau ngenet,,hehehe. (maklum lah ‘menyendiri’ telah menjadi nama tengah gw sejak gw SMA, dan pada saat-saat tertentu gw sangat menikmati kesendirian gw, apalagi jika ditemani buku dan musik-musik ringan,,hhhmmmm,,what a wonderfull life!!!)

No comments: