Monday, February 21, 2011

Motivasiku untuk terus menulis^^

Monday morning,
Akhirnya bisa meluangkan waktu juga untuk menulis…setelah beberapa minggu disibukan acara bedah buku, tugas-tugas yang kejar tayang, dan presentasi.
Walaupun tulisanku hanya tentang diri sendiri dan pengalamanku tapi ini merupakan titik awal untuk menghasilkan karya lainnya..i hope sooo..setidaknya otakku bisa bekerja sedikit-demi sedikit, setidaknya aku bisa mendokumentasikan pengalamanku dalam bentuk tulisan karena aku tidak terlalu narsis untuk difoto(hehe).
Dulu waktu smp & sma aku memang suka menulis diary, tapi lama-kelamaan sudah ku tinggalkan. sekarang yang menjadi motivasi ku adalah buku-buku yang kubaca, aku hobi sekali membaca buku, kamarku yang hanya ukuran 3x4m (maklum anak kos) sudah dipenuhi dengan buku-buku, baik itu buku kuliah, motivasi maupun novel. Teman-temanku sendiri sampai heran padahal aku disini belum juga 2 tahun tapi buku-bukunya sudah banyak,aku sendiri sampai menyediakan rak 3 tingkat yang aku beli semester lalu seharga Rp 150.000 karna koleksi buku ku sudah overload.
Semakin aku banyak membaca buku semakin aku ingin menulis, semakin ingin membuat suatu karya,ingin menumpahkan isi pikiran / theater of mind sehingga tidak berlalu begitu saja. Walaupun jadwal kuliah n tugas seabrek, biasanya aku mencatat terlebih dahulu tema dan cerita apa yang ingin ku tulis, karena ilham keluar tanpa permisi, tiba-tiba saat sedang kuliah terlintas, saat sedang rapat terlintas,saat sedang nyebrang jalan / melihat lingkungan sekeliling terlintas dan yang paling parah saat mandi..hehe. Biasanya langsung segera ku tulis dalam note kecil,tema-tema yang selanjutnya akan ku tulis.
Inspirasiku menulis dari kahitna, mba dewi lestari dan fira basuki, terlepas dari 3 itu ,banyak sekali orang-orang yang mengispirasi,,buku-buku yang membangkit semangatku untuk tetap berkarya.

1. Kahitna, dari aku smp-sma aku suka mendengarkan lagu kahitna, lagu-lagunya romantis. perempuan mana sih yang tidak ingin di puji-puji sama lelaki, bukan sekedar pujian gombalya ,hehe. Lirik-liriknya membuatku ingin membuat puisi walalupun saat itu aku belum punya pacar dan cukup membayangkan saja sudah bahagia n menikmatinya. Keromantisannya tidak hanya sebatas kata-kata/ lirik tapi jika mendengarkan dengan slow, alunan lagunya, arrangement musiknya cerita video clipnya, juga vocal penyayi, Hedi Yunus dan lainnya. Selain Kahitnya, sampai sekarang aku suka mendengarkan lagu boyband seperti Westlife, 98 degrees, Aaron Carter, Boys 2 men, Backstreet Boys, Blue, N’sync, Michael learns to rock dll. Mereka mengeksploitasi wanita dalam lagunya, keindahan wanita, memuji-muji, memohon dll,,hehe (I like it). Menggambarkan wanita itu indah, menyukai keromantisan pria, harus dijaga dan dihormati. Kalau di Indonesia ada Afgan, Ada band, Rio Febrian, Andre Hehanusa,Glenn Fredly & tohpati,, Malik &d’essensial, Pasto dan yang paling suka adalah tetep kahitna dan Yovie &the Nuno (mas Yovie keren bgt deh ciptain lagu-lagu romantis).

Sebenernya bukan sekedar muji-menuji wanita sih yang aku sukai, tapi keromantisan antara pria dan wanita, bagaimana seorang pria memperlakukan wanita..hmmm belum lagi ditambah latar-latar nya yg romantis, kaya di bali,ada sunset, atau seperti video clip Yovie n the nuno yang kebanyakan mengambil setting di Eropa..haduuuhh,,kali-kali ada casting buat video clip Kahitna atau Yovie & the nuno dong secara terbuka,,aku mau jadi bintangnya,,hehe. Mungkin karena dari kecil aku sudah mendengarkan lagu-lagu seperti ini juga mempengaruhi cara aku melihat sekeliling, bertingkah-laku dan sifat kali ya^^. Tapi yang tidak sesuai sepertinya pacarku ku sendiri, sejak lulus SMA aku ditembak cowo (abang) dan sampai sekarang yang sudah berjalan 2 tahun lebih kami masih saja pacaran. Ia baik, lucu, pintar dan mengerti aku, tapi ia tidak terlalu romantis seperti yang aku harapkan dari boyband-boyband yang sering ku dengarlagunya. Dia tidak memiliki kriteria itu, aku juga binggung apa yang membuat kami awet sampe sekarang padahal ia jauh dari yang kuharapkan, khususnya memiliki sikap yang romantis.

2. Dewi lestari, selain bakat menulis yang luar biasa, suara dan parasnya yang cantik elegan membuat aku termotivasi untuk menulis dan berimajinasi. Sering kali sambil menulis / membaca aku sambil mendengarkan lagu mba dewi, kahitna, dan boyband atau lagu romantis yang dinyayikan oleh perempuan lainnya (Mariah carrey, mandy moore ,M2M, celine dion, dll). Lagu-lagu mba dewi (rectoverso)kebanyakan dengan lirik yang puitis walaupun dengan bahasa yang agak tinggi namun dapat dipahami dengan bantuan alunan lagu, video clip dan penghayatan yang terkadang suka aku cocokan dengan pengalamanku sehingga semua lagu yang ku suka seolah-olah memiliki kedekatan dengan ku. Begitupula novelnya, yang menghangatkan, dibuat penasaran dengan ide cerita mba dewi. Semuanya aku suka, romantis…hhmm

3. Fira Basuki, sekitar awal desember 2010 aku baru menyadari kehebatan wanita ini melalui karya-karya novelnya. Kesuksesan yang dimulai dari dunia tulis menulis sejal SMA,lalu melanjutkan kuliah ke luar negri jurusan Journalism dan sekarang telah menjadi PimRed(pimpinan redaksi di Majalah Cosmopolitan Indonesia). Mba Fira memberiku motivasi untuk menulis dan menghasilkan karya. Kalau mengamati dari tulisannya sepertinya tulisan-tulisan mba fira selain dari imajinasi, juga dari pengalaman dan pengetahuan sifatnya deskriptif yang menghasilkan novel menarik mudah dimengeri.

Bagiku sendiri menulis & membaca adalah kegiatan yang menyenangkan dan aku menikmatinya,apalagi jika ditemani lagu-lagu yang aku suka. Menulis tanpa melihat dunia luar juga kurang sempurna. Dunia luar, pengalamanku, teman-teman, bersosialisai & belajar all the time menjadi motivasiku untuk menulis. Banyak-banyak membuka diri terhadap pengalaman baru dan kemungkian yang akan terjadi.
Selamat hari senin..selamat memulai aktivitas^^
LOVE…Gbu

No comments: